Welcome to #GreenWasathiyahCampus

Dosen UIN Salatiga Bahas Isu Gender dalam Perspektif Islam di Forum Internasional

SALATIGA-Dosen Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga, Aufa Abdillah, berkesempatan menjadi pemakalah di ajang Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024. Aufa mempresentasikan makalahnya yang berjudul Psikologi Perilaku Laki-laki dan Perempuan dalam Islam, Sabtu (3/2).

Pada kesempatan itu, Aufa menjelaskan bagaimana perkembangan teknologi telah memantik perubahan sosial dan berdampak pada perubahan pola perilaku serta peran gender dalam konteks keluarga, sosial, pendidikan, politik, dan ekonomi.

“Transformasi yang terjadi mengakibatkan pola peran gender berubah. Tanggung jawab perempuan dapat meningkat sebagai penompang ekonomi. Sebaliknya, ada pula restrukturisasi peran laki-laki, termasuk keterlibatan laki-laki dalam tanggung jawab keluarga seperti mengasuh anak,” lanjutnya.

Dosen Psikologi UIN Salatiga itu menegaskan bahwa Alquran dan sunnah telah memberikan pedoman rinci yang mengatur hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan, “Sejatinya Allah tidak melihat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam beribadah. Dalam Alquran, Surat Annahl: 97 disebutkan, baik laki-laki dan perempuan yang berbuat kebajikan dalam keadaan beriman maka akan diberi kehidupan yang baik dan pahala. Ayat tersebut tidak membedakan bahwa laki-laki mendapat pahala yang lebih dari perempuan.”

Salah satu sesi Diskusi Paralel pada gelaran AICIS 2024 yang dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Salatiga, Prof. Saerozi

Selain Aufa, ada tiga dosen UIN Salatiga yang juga memaparkan makalah pada gelaran AICIS 2024. Ketiga dosen tersebut adalah: Prof. Dr. Phil Asfa Widiyanto (Agama Minoritas dan Kedamaian Hadir Berdampingan: Dinamika Jamaah Ahmadiyyah di Malang, Indonesia); Miftachudin, M.A. (Pendekatan Transdisipliner dalam Pendidikan Islam: Memetik Hikmah dari Pengalaman Mengajar Anak Teroris di Pesantren Rumah Asuh, Jawa Tengah, Indonesia); dan Kholifatun Nur Mustofa, M.H. (Otoritas Agama dan Perkembangan Hukum Keluarga di Indonesia: Kontribusi Majelis Ulama Indonesia pada Dinamika Status Hukum Pernikahan Beda Agama).

AICIS 2024 berhasil mengumpulkan 1957 makalah dengan 328 makalah yang lolos seleksi untuk didiskusikan secara langsung; 80 makalah diantaranya akan dipublikasiskan melalui 20 Jurnal PTKI yang terindeks Scopus, termasuk jurnal IJIMS dan IJTIHAD dari UIN Salatiga.(nhl)

Stand UIN Salatiga pada Pameran Jurnal Ilmiah, AICIS 2024