Welcome to #GreenWasathiyahCampus

Perkokoh MBKM, FTIK UIN Salatiga Benchmarking ke UPI Bandung

SALATIGA-Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Salatiga melakukan benchmarking ke Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Selasa (7/5). Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran pimpinan fakultas yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Sekjur dan Kaprodi, serta 33 dosen FTIK.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK UIN Salatiga, Prof. Mansur, menyampaikan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk berbagi ilmu mengenai penerapan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. “Kedatangan kami ke FIP UPI Bandung tidak lain untuk belajar dan saling berbagi insight mengenai program MBKM. Harapannya, program MBKM di UIN Salatiga khususnya di FTIK dapat semakin kokoh,” ujarnya.

Kehadiran rombongan FTIK UIN Salatiga disambut secara langsung oleh Dekan FIP UPI, Prof. Rudi Susilana, “Senang sekali kami bisa bertemu teman-teman dari Salatiga. Semoga apa yang akan kita diskusikan hari ini dapat bermanfaat bagi kedua pihak.”

Selanjutnya rombongan FTIK UIN Salatiga mendapatkan paparan materi dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Nandang Budiman. Melalui paparan tersebut, Wadek Bidang Akademik FIP UPI Bandung menjelaskan bahwa kampusnya telah melaksanakan dua program MBKM, yaitu yang berasal dari Kemendikbud, dan program MBKM mandiri.

“Untuk mewujudkan MBKM, kami sampai merombak kurikulum. Tentu perombakan ini dilakukan pada mata kuliah pengembangan. Jadi mata kuliah inti masih sama seperti semula,” jelasnya lebih lanjut.

Dengan adanya MBKM, KKN dapat diubah menjadi pengabdian masyarakat, PPL bisa bernilai 20 SKS, sehingga memungkinkan mahasiswa bisa lebih bebas memilih program yang bermanfaat untuk dirinya. “Di samping itu, UPI juga memberikan otonomi kepada tiap prodi untuk melakukan MBKM, dengan pelaksanaan makul teori diselesaikan pada semester 1-5. Sedangkan semester 6-7 digunakan untuk menuntaskan makul pilihan yang diganti dengan MBKM. Kami juga menyediakan bimbingan artikel jurnal ilmiah bagi mahasiswa sebagai ganti pengerjaan skripsi,” tambahnya.

Kegiatan benchmarking tersebut sekaligus menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dengan adanya penandatanganan MoU terkait MBKM antara FTIK UIN Salatiga dan FIP UPI Bandung. (FITK/ed: nhl)

Loading