Welcome to #GreenWasathiyahCampus

UIN Salatiga Jadi Tuan Rumah International Community Service

SALATIGA-Universitas Islam Negeri Salatiga menjadi tuan rumah International Community Service bagi 20 mahasiswa dari Universiti Malaya, Malaysia selama satu pekan mulai Sabtu, 18 November 2023. Kegiatan tersebut menurut Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin adalah salah satu upaya untuk memperluas kolaborasi antar perguruan tinggi di kedua negara.

Dirinya menilai adanya kolaborasi internasional akan memunculkan kesepahaman dan sikap saling menghargai, “Dengan adanya international encounter ini, kita bisa saling belajar dan tumbuh bersama. Dari situ akan muncul mutual understanding yang mempererat persahabatan.”

Ketua Delegasi Universiti Malaya, Dr. Abdur Razak Zakariya memberi apresiasi atas sambutan yang diberikan UIN Salatiga, “Terima kasih kami sampaikan kepada segenap sivitas akademika UIN Salatiga yang telah menyambut kami dengan baik. Senang sekali kami bisa menambah teman di Indonesia.” Zakariya juga berharap pihaknya dapat terus menjalin kerja sama dengan UIN Salatiga.

Selama melakukan lawatan di Salatiga, rombongan Universiti Malaya berkesempatan untuk mengikuti kuliah umum di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Salatiga, serta kuliah umum bersama PJ Wali Kota Salatiga dan Program Pascasarjana.

Selain itu, mereka juga melakukan serangkaian kegiatan termasuk memberi konseling di Rutan dan pondok pesantren yang ada di Salatiga, membatik, mempelajari budaya dan keragaman yang ada di Kota Salatiga.