Welcome to #GreenWasathiyahCampus

2509 Mahasiswa UIN Salatiga Siap KKN pada Paruh Pertama 2024

SALATIGA-Sebanyak 2509 mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Auditorium Prof. Dr. Achmadi, Selasa-Jumat (9-12/1). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Universitas Islam Negeri Salatiga, Prof. Muh. Saerozi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa KKN adalah praktikum pengabdian kepada masyarakat yang harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

“KKN 2024 mengambil tema besar Moderasi Beragama. Maka dari itu, mahasiswa harus menyebarkan empat indikator moderasi kepada masyarakat. Keempat indikator tersebut yaitu: komitmen kebangsaan, anti kekerasan, sikap toleransi, dan akomodatif terhadap budaya lokal,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa moderasi mengajarkan manusia untuk menyampaikan sikap setuju dan sikap tidak setuju dengan santun tanpa kebencian. “Jadilah pribadi yang bisa memecahkan masalah. Tinggalkan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat,” tambahnya. Prof. Saerozi juga berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan. 

“Tahun ini KKN akan dilaksanakan di 114 kelurahan/desa yang ada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Semarang,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga, Hammam, Ph.D. saat menyampaikan laporan.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula narasumber dari pemda terkait yang menyampaikan materi pengenalan wilayah kepada mahasiswa. Kegiatan pembekalan diakhiri dengan penyerahan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Loading