Welcome to #GreenWasathiyahCampus

3221 Mahasiswa UIN Salatiga Siap Jalani KKN di Empat Kabupaten

SALATIGA-Sebanyak 3221 mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di empat kabupaten di sekitar Kota Salatiga, dengan rincian 876 mahasiswa mengabdi di Kabupaten Magelang, 667 mahasiswa di Kabupaten Temanggung, 835 mahasiswa di Kabupaten Semarang, dan 843 lainnya mengabdi di Kabupaten Boyolali. “KKN 2023 UIN Salatiga kali ini mengangkat tema Peran KKN Moderasi Beragama dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Pedesaan. Mahasiswa akan disebar di 102 desa yang ada di 12 kecamatan di empat kabupaten,” ujar Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Salatiga, Jaka Siswanta, M.Pd.

Pelepasan peserta KKN dilakukan secara bertahap selama empat hari pada Kamis-Jumat (12-13/01/2023) dan Senin-Selasa (16-17/01/2023). Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy dalam sambutan pelepasannya mengatakan bahwa KKN adalah proses pembelajaran yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa. “KKN itu banyak manfaatnya. Dengan KKN, Anda dapat berkomunikasi dan terjun langsung ke masyarakat. Di situ Anda dituntut untuk mengamalkan ilmu dan melalui proses pendewasaan,” jelasnya lebih lanjut. Prof. Zakiyuddin juga mengingatkan para peserta KKN untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku. “Mahasiswa UIN Salatiga harus selalu tertib dan mematuhi peraturan. Ketertiban dan kepatuhan ini harus dilakukan di mana saja, entah di jalan raya, di tempat yang baru, di kampus, dan tempat-tempat lainnya,” ujarnya mengakhiri sambutan.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Salatiga, Prof. Saerozi mengimbau mahasiswa untuk bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang ada di masyarakat, “Jangan sampai jadi masalah atau malah menambah masalah. Jadilah akademisi sumber solusi.”

Selain itu, dirinya juga berharap peserta KKN dapat menjaga nama baik almamater UIN Salatiga. “Lakukan yang terbaik selama KKN sehingga kedatangan kalian tidak menjadi ganjalan dan kelak ketika KKN usai kepergian kalian akan dirindukan,” katanya. Prof. Saerozi juga meminta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk memaksimalkan potensi para mahasiswa.

“Semoga semua selamat dalam menjalani KKN. Pimpinan siap menerima semua info terkait KKN. Kami akan memastikan semua berjalan baik dan lancar,” pungkasnya.

 

Loading