Welcome to #GreenWasathiyahCampus

Kerja Sama dengan World Learning, Alumni UIN Salatiga Disiapkan Jadi Trainer Global

SALATIGA-Sebanyak empat orang alumni Tadris Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Salatiga (Heru Saputra, Ahmad Samingan, Marisa Fran Lina, dan Rissa Suryani) mengikuti Training of Trainer (ToT) yang diadakan oleh Regional English Language Office (RELO), Kedutaan Besar Amerika Serikat bekerja sama dengan World Learning dan National Geographic. Setelah mengikuti ToT, keempatnya diharapkan bisa melatih 600 guru Bahasa Inggris di madrasah/pesantren yang ada di seluruh Indonesia untuk mengajarkan bahasa Inggris secara kreatif dan menyenangkan.

Tahun sebelumnya, mereka telah berhasil melakukan pelatihan serupa di bawah Master Trainer, Dr. Hanung Triyoko. Pada 2023, ToT melibatkan lima coach (istilah baru untuk Master Trainer) dan 40 trainer dari seluruh Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah seperti Aceh, Medan, Bengkulu, Palembang, JABODETABEK, Salatiga, Sleman, Yogyakarta, Palangkaraya, Banjarmasin dan Kendari.

Salah satu alumni UIN Salatiga yang mengikuti pelatihan tersebut, Heru Saputra berharap kegiatan pelatihan itu dapat dilaksanakan secara berkala, “Ini (pelatihan) sangat bermanfaat bagi para pengajar Bahasa Inggris yang ada di madrasah/pesantren. Apalagi Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang bisa menjadi gerbang untuk membantu meraih rekognisi di kancah global.”

ToT yang digelar di Hotel Novotel, Cikini, selama tiga hari mulai Rabu (18/1) tersebut menghadirkan dua ahli pengajar bahasa Inggris dari World Learning, Lois Scott-Conley dan Holly Marvin. (MFL/ed NHL)