Welcome to #GreenWasathiyahCampus

Masa Studi Usai, Rektor UIN Salatiga Sarankan Mahasiswa Thailand jadi Guru Bahasa Indonesia

SALATIGA-Tiga orang mahasiswa asal Thailand (Nurufaraai Sueni yang merupakan lulusan prodi Pendidikan Agama Islam serta Suroya Taleh dan Mariam Eadyeesa-i lulusan prodi Tadris Bahasa Inggris 2022) resmi menyelesaikan studinya di UIN Salatiga. Ketiganya berpamitan kepada Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy pada Senin (16/1).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Zakiyuddin memberi saran kepada ketiganya untuk menjadi guru Bahasa Indonesia. “Alhamdulillah masa studi saudara sekalian telah usai. Sekembalinya ke negara asal, Anda bisa menjadi guru Bahasa Indonesia. Peluang ini tentu sangat bagus mengingat masih belum banyak guru Bahasa Indonesia di Thailand,” katanya.

Rektor UIN Salatiga menilai dengan menjadi guru Bahasa Indonesia, lulusan UIN Salatiga asal Thailand juga dapat membantu calon mahasiswa baru yang ingin belajar di UIN Salatiga, “Tidak hanya mengajarkan bahasa, saudara juga dapat menjadi jembatan untuk para calon mahasiswa asal Thailand belajar budaya dan kearifan lokal Indonesia, terutama Salatiga.”

Prof. Zakiyuddin berharap kembalinya mahasiswa UIN Salatiga asal Thailand dapat meningkatkan minat calon mahasiswa internasional. “Semoga kesuksesan senantiasa menyertai saudara sekalian,” pungkasnya.

Ketiganya mengaku senang bisa mendapat kesempatan untuk belajar di UIN Salatiga. “Selama kuliah di sini, kami mendapat banyak pengalaman dan ilmu baru. Terima kasih kepada Pak Rektor, jajaran pimpinan, dan para dosen yang telah banyak membantu,” ujar Suroya mewakili teman-temannya.

“Terima kasih juga untuk semua teman yang telah bersedia membantu kami beradaptasi selama kuliah di UIN Salatiga,” tambah Mariam.

Nurufaraai dan kedua temannya akan kembali ke Thailand pada Selasa (26/1). UIN Salatiga akan memfasilitasi pengantaran kepulangan mereka sampai ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dengan kepulangan ketiganya, tersisa tiga mahasiswa asal Thailand yang masih menempuh studi di UIN Salatiga, dengan rincian satu orang di prodi Pendidikan Agama Islam, satu orang di prodi Tadris Bahasa Inggris, dan satu orang lainnya di prodi Bahasa dan Sastra Arab. (MFL/ed NHL)